YA ALLOH AMPUNILAH DOSAKU, LAPANGKANLAH RUMAHKU, DAN BERKAHILAH RIZQIKU

YA ALLOH AMPUNILAH DOSAKU, LAPANGKANLAH RUMAHKU, DAN BERKAHILAH RIZQIKU


# PROGRAM Just One Day One Hadith #

Ustadz Arif Fathul Ulum Lc

Transkrip Hadits 80|

  • ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ لله ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩُ،
  • ﻭَﻧَﻌُﻮْﺫُ ﺑﺍلله ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍلله ﻓَللا ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ فَلاَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ، ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ لَا ﺇﻟﻪ ﺇﻻ الله ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻ ﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ، ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ ﺻﻠﻰ الله ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭ ﺃﺻﺤﺎﺑﻪ ﻭﻣﻦ ﻭﺍﻟﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﺗﺴﻠﻴﻤﺎ ﻛﺜﻴﺮﺍ . ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ .
  • قَدْ قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي، وَوَسِّعْ لِي فِي دَارِي، وَبَارِكْ لِي فِي رِزْقِي

 

  • Rasulullah Shollallohu Alaihi wa Sallam bersabda :

” Ya Alloh, Ampunilah dosaku, luaskanlah di dalam rumahku, dan berikanlah berkah dalam rizkiku” 

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dalam jami’nya dan Imam Ahmad di dalam musnadnya dan dinyatakan hasan derajatnya oleh Syeikh Muhammad Nashiruddin Al Albany di dalam shahih al Jaami’u Ash-shaghir.

Hadits yang agung ini menunjukkan salah satu dari do’a yang di contohkan, yang diajarkan oleh Rasulullah ﷺ kepada umatnya, do’a yang mengandung tiga perkara, yang pertama adalah permohonan ampun kepada Allāh Subhaanahu wata’ala, «اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي» “Ya Allāh , ampunilah dosaku” yaitu apa yang terjadi dari dosa seorang hamba yang sudah terjadi, maka meminta ampun kepada Allāh Subhaanahu wata’ala. Karena hanya Allāh yang bisa mengampuni dosa dosa.
Kemudian doa yang kedua adalah permohonan agar melapangkan di dalam rumah, الله وَسِّعْ لِي فِي دَارِي , “Ya Allāh lapangkanlah di dalam rumahku”, yaitu tempat tinggal di dunia.

Karena tempat tinggal yang tidak lapang dan sempit, akan menyempitkan dada, juga akan menjadikan kacau balau dari apa yang di dalamnya, yang akan membawa kesedihan, membuat kesibukan dari pikiran. Atau bisa juga yang dimaksud dengan “daar” di sini adalah القبر , yakni kuburan , inilah yang merupakan negeri atau rumah yang sebenarnya.

Dan tidak dihalangi juga bahwasanya maksud dari hadits ini adalah umum, meliputi tempat tinggal seseorang hamba, baik di dunia maupun di akhiratnya, yang meminta pada Alloh agar dilapangkan rumah di dunia, kemudian juga dilapangkan rumah ketika di kubur, ini semua menambah kebaikan seorang hamba.
Kemudian do’a yang ketiga adalah do’a kepada Alloh agar diberikan berkah dalam rizki, وَبَارِكْ لِي فِي رِزْقِي , “berilah berkah dalam rizkiku, jadikanlah rizkiku berkah”, yaitu akan bisa menambah kebaikan di dalam kebaikan2nya, yang berkah adalah زيادة النما , bertambah dan berkembang, yaitu menjadikan rizki itu kebaikan pada seorang hamba, menjadikan ketaatan pada Allāh Subhaanahu wata’ala, menjauhi kemaksiatan pada Allah Subhaanahu wata’ala, dan sekaligus juga tidak rusak atau hilang manfa’at bagi pemiliknya. Ini juga merupakan do’a yang agung yang sangat dibutuhkan oleh seorang hamba.
Kaum muslimin yang dirahmati Allāh Subhaanahu wata’ala, hadits yang agung ini menunjukkan do’a yang agung yang sangat kita butuhkan, yaitu mohon ampunan pada Allāh Subhaanahu wata’ala, melapangkan rumah kita, baik di dunia maupun di akherat, kemudian juga memohon berkah pada Allāh Subhaanahu wata’ala, dan rizki yang kita terima, yang akan bisa membawa kebaikan pada diri kita di dunia dan di akherat kita.
Semoga Allāh Subhaanahu wata’ala, selalu menunjukkan kita pada jalan yang lurus dan selalu bisa memohon pada Allāh kebaikan dan mencontoh dari do’a2 yang agung, yang dicontohkan Rasulullah ﷺ .

Semoga kita mendapat kebaikan dari do’a2 tersebut.

Semoga Allāh selalu memberikan Taufik pada kita dan memberikan keta’atan padaNya

 

والله أعلم بالصواب

ﻭ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻤﺪ ﻭ ﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭصحبه و سلّم.

ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚَ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠّﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎته
✒__Tim transkrip audio

@Program Just One Day One Hadith

TELEGRAM_jodoh https://goo.gl/Kg2eJS
═════════ ❁💖❁ ═════════

Saran atau Kritik silahkan sampaikan kepada kami melalui WhatsApp 📱berikut:

JODOH center : +6285707774616

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s