BIMBINGAN SHOLAT

MUQADDIMAH

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله ، نحمده ونستعينه  ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا .

من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمداً  عبده ورسوله.

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ}(آل عمران:102)

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً}(النساء:1)

 {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً} (الأحزاب:70-71) .

Segala puji bagi Alloh yang telah mewajibkan sholat atas para hambaNya, Dia perintahkan mereka agar menegakkan sholat dan menunaikanya dengan sebaik-baiknya, Dia jadikan sholat sebagai tolok ukur dari kebaikan seorang muslim, Dia jadikan sholat sebagai pelarang seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar, dan Dia jadikan sholat sebagai pemisah antara keimanan dan kekufuran.

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Kita Muhammad e yang telah menjelaskan kaifiyat sholat kepada umatnya dengan perkataan dan perbuatannya, dan memerintahkan umatnya agar mencontoh sholatnya, serta memberi khabar gembira dengan surga bagi siapa saja yang menunaikan sholat dengan sebaik-baiknya.

Amma Ba’du,

Merupakan hal yang dimaklumi bahwasanya sholat memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam dan bahwasanya seorang yang menegakkan sholat akan mendapatkan pahala dan keutamaan yang agung yang diberikan oleh Alloh yang berbeda-beda antara seorang yang satu dengan yang lainnya sesuai dengan ittiba’nya terhadap sholat Rasulullah e , hal ini diisyaratkan oleh Rasulullah e dalam sabdanya :

إن العبد ليصلى الصلاة ما يكتب له منها الا عشرها   تسعها  ثمنها سبعها سدسها خمسها ربعها ثلثها نصفها

Sesungguhnya seorang hamba melakukan sholat sungguh tidak ditulis pahala baginya dari sholatnya kecuali sepersepuluhnya, sepersembilannya, seperdelapannya, sepertujuhnya, seperenamnya, seperlimanya, seperempatnya, sepertiganya, dan setengahnya “ ( Diriwayatkan oleh Ibnul Mubarak dalam Az-Zuhd 1/459, Ahmad dalam Musnadnya 4/321 dan ini lafadznya, Abu Dawud dalam Sunannya 1/211, dan Nasai dalam Sunan Kubra 1/211 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahihul Jami’ : 1626 dan Shifat Sholat Nabi e hal. 36 ).

Dan tidaklah seorang muslim bisa menuaikan sholat dengan sebaik-baiknya kecuali jika menelaah sholat Nabi e yang diabadikan oleh para sahabat dan generasi sesudahnya di dalam kitab-kitab hadits secara terperinci baik secara ucapan maupun gerakan dan dijabarkan penjelasannya oleh para ulama di dalam kitab-kitab mereka.

Para ulama begitu memperhatikan masalah sholat ini sehingga selalu memuat masalah sholat ini di dalam kitab-kitab mereka, ada yang memasukkan di dalam bahasan-bahasan kitab-kitab hadits dan fiqih dan ada yang menyusun bahasan sholat dalam tulisan tersendiri seperti Al-Imam Bukhari dalam Juz Qira’ah, Muhammad bin Nashr dalam Ta’dhim Qadri Sholat dan Qiyam Lail, Ibnul Qayyim dalam Ash-Sholat wa Hukmu Tarikiha, dan masih banyak lagi risalah-risalah lain yang berhubungan dengan pembahasan sholat dari para ulama mutaqaddimin dan mutaakhkhirin. Tulisan-tulisan para ulama ini merupakan cahaya penerang bagi setiap muslim yang ingin menunaikan sholat yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah e sehingga bisa mendapatkan keutamaan yang agung di sisi Alloh.

Akan tetapi realita yang ada menunjukkan bahwa kaum muslimin tidaklah semuanya memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menelaah langsung kitab-kitab para ulama tentang masalah sholat sehingga memerlukan sebuah buku yang menjembatani mereka dengan tulisan-tulisan para ulama di atas dengan bahasan yang ringkas dan memuat hal-hal yang urgen dan praktis di dalam ibadah sholat. Karena pertimbangan inilah maka kami diminta oleh penerbit Majelis Ilmu agar menyusun sebuah buku tentang bimbingan sholat dengan harapan bisa menjadi pelita bagi setiap muslim yang ingin meningkatkan mutu ibadah sholatnya sehingga bisa mendapat pahala dan keutamaan di sisi Alloh. Meskipun sudah ada di antara saudara-saudara kami yang telah mendahului kami dalam masalah ini, tetapi kami berbesar hati bahwa tulisan kami ini memiliki kekhususan-kekhususan yang barangkali tidak terdapat pada risalah-risalah sholat sebelum ini, di antara kekhususan-kekhususan tersebut adalah :

  • Berusaha selalu menyebutkan dalil dari Kitab dan Sunnah dalam setiap point-point bahasan, karena banyak buku-buku tentang tuntunan sholat yang tidak menyebutkan dalil dalam setiap bahasan sholat sehingga tidak bisa dipertanggungjawabkan keilmiyahannya .
  • Berusaha menyebutkan setiap bahasan dengan ringkas yang tidak menjemukan dan tidak mengurangi maksud pembahasan.
  • Berusaha mengacu kepada kitab-kitab para ulama yang berlandaskan pada dalil syar’i bukan hanya sekedar kepada pendapat.
  • Berusaha meluruskan kekeliruan-kekeliruan yang banyak terjadi di kalangan kaum muslimin dalam hal sholat .

Semoga tulisan yang bersahaja ini bisa menjadi saham penulis di dalam mengarahkan kaum muslimin di dalam menunaikan ibadah sholat yang shahih yang diterima di sisi Alloh. Amin

و آخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين .

Kediri, 27 Ramadhan 1427 H

            19 Oktober 2006 M

Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah

Penulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s