CARA CEPAT MEMBACA DAN MENERJEMAHKAN KITAB GUNDUL

KATA PENGANTAR

 

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله ، نحمده ونستعينه  ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا .

من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمداً  عبده ورسوله.

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ}(آل عمران:102)

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً}(النساء:1)

 {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً} (الأحزاب:70-71) .

وبعد

Segala puji bagi Alloh yang telah menurunkan Al-Qur’an dengan bahasa Arab yang jelas :

] وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الأَمِينُ عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنْ الْمُنذِرِينَ بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ [

  Dan Sesungguhnya Al Quran Ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta Alam,.  Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril),.  Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan,.  Dengan bahasa Arab yang jelas. “ ( Asy-Syu’ara’ : 192-195).

Sholawwat dan salam semoga selalu tercurah atas Rasulullah e yang telah menyampaikan Al-Qur’an dan Al-Hadits kepada para sahabatnya dan telah memberikan berita gembira bagi siapa saja yang menyampaikan apa yang dia bawa kepada manusia  :

نَضَّرَ اللَّهُ امْرَءًا سَمِعَ مَقَالَتِي فَبَلَّغَهَا

Semoga Alloh mencerahkan wajah setiap orang yang mendengarkan perkataanku kemudian menyampaikannya ( Diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnadnya 5/183 dan Ibnu Majah dalam Sunannya 1/157 dan dishahihkan oleh Al-Bushiri dan Al-Albani  ).

Merupakan hal yang dimaklumi bahwa tidak akan mungkin sesorang bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah kecuali dengan bahasa Arab yang merupakan syi’ar yang paling agung dari Islam dan para pemeluknya.

Karena itulah maka kami menyambut baik usaha yang dilakukan oleh saudara-saudara kami yang berupaya untuk memahamkan bahasa Arab ini kepada para pemiliknya yaitu kaum muslimin seperti yang dilakukan oleh saudara kami Al-Ustadz Abu Syifa Randi Fidayanto, Lc di dalam bukunya yang berjudul Al-Ankabut, Metode Membaca Kitab Gundul Yang Cerdas Dan Smart.

Buku ini adalah salah satu buku yang bagus sekali untuk dipelajari oleh para pemula di dalam bidang bahasa Arab ini yang sekaligus sebagai kunci pembuka di dalam mengkaji dan mendalami samudera bahasa Arab sebagaimana dahulu dilakukan oleh para imam seperti Al-Imam Asy-Syafi’I yang menyempatkan waktu 10 tahun untuk mendalami bahasa Arab di perkampungan qabilah Hudzail.

Semoga buku ini bisa memberikan manfaat khususnya kepada penulisnya, pembacanya dan kepada kaum muslimin semuanya. Amin.

و صلى الله عليه وسلم تسليما كثيرا و آخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين .

Kediri, 4 Jumadil Ula 1431

             17 April 2010 M

Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s