MEMBELA HADITS NABI

KATA PENGANTAR

 

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله ، نحمده ونستعينه  ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا .

من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمداً  عبده ورسوله.

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ}(آل عمران:102)

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً}(النساء:1)

 {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً} (الأحزاب:70-71) .

وبعد

Segala puji bagi Alloh I yang telah memilih Muhammad e sebagai Nabi dan RasulNya, Dia turunkan Al-Qur’an padanya agar menjelaskan AlQur’an kepada manusia, Allah I Berfirman :

44:النحل ( وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ   )

”Dan kami turunkan padamu Adz Dzikr agar kamu menerangkan kepada ummat manusia,apa yang telah diturunkan kepada mereka”. An Nahl ayat 44.

Karena itulah maka Allah I telah memerintahkan setiap muslim agar mengambil apa yang diperintahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan meninggalkan apa yang beliau larang darinya. Demikian juga Alloh menyatakan bahwa barangsiapa yang menaati Rasul berarti ia telah menaati Allah.

Allah I berfirman:

 ) وَمَا ءَاتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا  ( الحشر : 7

”Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah dia dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah” (Al-Hasyr : 7).

Dan Alloh berfirman :

مَنْ يُطِعْ الرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ

” Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah ” ( An-Nisa’: 80 ).

Di sisi lain Alloh telah memberikan ancaman yang keras bagi siapa saja yang menyelisihi Rasulullah Shollallohu Alaihi wa Sallam dengan, Alloh Tabaraka wa Ta’ala berfirman :

{ فليحذر الذين يخالفون عن أمره أن تصيبهم فتنة أو يصيبهم عذاب أليم }

” Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintahnya takut akan ditimpa fitnah atau ditimpa azab yang pedih ” ( An-Nuur : 63 ).

Dan sungguh sangat disayangkan bahwa pada hari ini kaum muslimin begitu banyak menyalahi perintah Rasulullah e  sehingga fitnah dan adzab bertubi-tubi menimpa mereka, bahkan di antara kaum muslimin ada yang menjadi corong-corong syaithan dengan menyebarkan berbagai macam syubhat-syubhat untuk menjauhkan manusia dari Sunnah Nabi e .

Maka merupakan kewajiban atas setiap muslim yang beriman kepada Alloh dan RasulNya untuk membentengi dirinya dan kaum muslimin dari syubhat-syubhat tersebut, membela Sunnah Nabi sesuai dengan kemampuannya, mengamalkannya di dalam kehidupannya dan menyebarkannya di kalangan manusia.

Para ulama Sunnah sejak dahulu hingga sekarang telah mengerahkan segenap upaya mereka di dalam membela Sunnah Nabi e sebagaimana bisa kita lihat di dalam biografi-biografi mereka dan karya-karya tulis mereka, bahkan banyak dari mereka yang memiliki predikat yang agung yaitu Nashirus Sunnah ( Pembela Sunnah ) seperti Al-Imam Asy-Syafi’i dan yang lainnya.

Kami menyambut baik upaya yang gigih dari saudara kami yang mulia Al-Ustadz Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar As-Sidawi untuk menapaki jejak-jejak para Ulama Sunnah di dalam membela hadits-hadits Nabi e yang beliau tuangkan di dalam buku Membela Hadits Nabi ini. Kami melihat bahwa buku ini sangat bagus di dalam susunannya dan sarat dengan nukilan faidah-faidah dari para ulama, maka kami melihat bahwa buku ini penting sekali dibaca oleh setiap muslim yang ingin menempuh jalan yang haq yang diridhai oleh Alloh Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga buku ini bisa memberikan manfaat khususnya kepada penulisnya, pembacanya dan kepada kaum muslimin semuanya. Amin.

و صلى الله عليه وسلم تسليما كثيرا و آخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين .

Kediri, Malam 6 Ramadhan 1433 H

Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s