MUTIARA FAIDAH DARI KALIMAT NUBUWWAH

KATA PENGANTAR

 

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله ، نحمده ونستعينه  ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا .

من يهده الله فلا مضل له ، ومن يضلل فلا هادي له ، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمداً  عبده ورسوله.

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ}(آل عمران:102)

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً}(النساء:1)

 {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً} (الأحزاب:70-71) .

وبعد

Segala puji bagi Alloh I yang telah memilih Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai rahmat bagi alam semesta, Dia turunkan dua wahyu kepadanya yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

ألا إني أوتيت القرآن و مثله معه

Dan ketahuilah sesungguhnya aku telah  diberi Al Qur’an dan yang semisalnya(yaitu As sunnah) bersamanya” ( Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi dan dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani didalam Kitab Al Hadits Hujjatun binafsihi halaman 33).

Maka hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah wahyu sebagaimana Al-Qur’an hanya As-Sunnah tidak dibaca di dalam sholat, akan tetapi dia memiliki kedudukan yang agung sebagaiman Al-Qur’an.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjanjikan keutamaan yang besar bagi siapa saja yang mendengarkan hadits-haditsnya , menghafalnya dan menyebarkannya kepada manusia, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

نَضَّرَ اللَّهُ امْرَأً سَمِعَ مِنَّا حَدِيثًا فَحَفِظَهُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ غَيْرَهُ

“Semoga Allah mencerahkan wajah seorang hamba yang mendengarkan haditsku, lalu Ia  menghafalnya, kemudian ia menyampaikannya pada orang yang lainnya” ( Hadits Riwayat Al-Imam at-Tirmidzi dan yang lainnya dan dishahihkan oleh Al-Hakim dan Adz-Dzahabi ).

Untuk mendapatkan keutamaan diatas maka generasi-generasi umat ini sejak para sahabat hingga sekarang telah mengerahkan segenap upaya mereka di dalam menghafal hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, di antara mereka ada yang hafal satu juta hadits seperti Al-Imam Ahmad bin Hanbal, ada yang hafal tigaratus ribu hadits seperti Al-Imam Bukhari – semoga Alloh meridhai dan merahmati mereka semuanya -.

Alhamdulillah pada hari ini masih banyak dari kaum muslimin yang bersemangat untuk mendapat keutamaan doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di atas dengan berupaya menghafal hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam baik di ma’had-ma’had maupun di lembaga-lembaga pendidikan.

Di sisi lain kami melihat banyak dari saudara-saudara kami yang tidak memiliki kesempatan mengikuti lembaga-lembaga formal akan tetapi memiliki semangat besar untuk menghafal hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Alhamdulillah telah hadir Program “JODOH” ( Just One Day One Hadits) yaitu merupakan program pembelajaran e-learning non formal yang berupaya membantu umat Islam (khususnya penuntut ilmu pemula) agar mampu menghapal hadits-hadits Nabi di tengah kesibukan dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Kami melihat bahwa program ini sangat bagus dan sistematis di dalam metodenya, sehingga kami memiliki harapan besar agar program ini bisa memudahkan kaum muslimin untuk menghafalkan hadits-hadits Nabi e.

Sebagai pendukung dari program ini para maka para ustadz dari Universitas Islam Madinah, LIPIA, dan yang lainnya telah memberikan kontribusi mereka dalam bentuk pengarahan dan partisipasi aktif untuk program JODOH ini. Di antara bentuk partisipasi mereka adalah memberikan penjelasan faidah-faidah hadits-hadits yang dihafalkan untuk memudahkan pemahamannya dan pengamalannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Buku yang di hadapan para pembaca ini adalah kumpulan dari faidah-faidah yang dituangkan oleh para ustadz tersebut – semoga Alloh menjaga mereka semuanya – dengan harapan agar menjadi saham kepada kaum muslimin di dalam upaya memahami hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan pemahaman yang benar.

Akhirnya semoga buku ini bisa memberikan manfaat kepada para pembacanya, para penulisnya, dan kaum muslimin semuanya. Amin.

و صلى الله عليه وسلم تسليما كثيرا و آخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين .

Kediri, Kamis Pagi 27 Jumada Tsaniyah 1436

Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s