HIKMAH DI DALAM MENGAMBIL ILMU

HIKMAH DI DALAM MEMILIH GURU

Hendaknya seorang penuntut ilmu tidak belajar kecuali dari seorang yang menguasai ilmu tersebut, bagus di dalam menjelaskan, bersemangat untuk memberi faidah kepada para murid, bersamaan dengan selamatnya dari bidah-bidah, hawa-hawa nafsu, dan kemashiyatan-kema’shiyatan.

Maka termasuk hikmah di dalam menuntut ilmu adalah hendaknya seorang murid memilah guru-guru di dalam keadaan-keadaan ini kemudian dia mengambil ilmu dari ahlinya.

Ali bin Abi Thalib berkata :

انْظُرُوا مِمَّنْ تَأْخُذُونَ هَذَا الْعِلْمَ فَإِنَّمَا هُوَ الدِّينُ

“ Lihatlah dari siapa kalian mengambil ilmu ini karena sesungguhnya dia adalah agama “ ( Diriwayatkan oleh Al-Khathib di dalam Al-Kifayah hal. 121 dan Al-Khathib meriwayatkannya juga di dalam Al-Faqih wal Mutafaqqih 2/378 dari Ibnu Aun dengan sanad yang shahih ).

Atsar ini juga datang dari jamaah Salaf seperti Ibnu Sirin dan Dhahhak bin Muzahim.

Ibrahim An-Nakhai berkata : Adalah para salaf jika mereka datang kepada seseorang untuk mengambil ilmu darinya maka mereka melihat kepada perilakunya, adabnya, dan sholatnya, kemudian baru mengambil darinya ( At-Tamhid 1/47 ).

Al- Imam Malik rahimahullah berkata :

لاَ يُؤْخَذُ الْعِِلْمُ عَنْ أَرْبَعَةٍ: سَفِيْهٍ مُعلِنِ السَّفَهِ , وَ صَاحِبِ هَوَى يَدْعُو إِلَيْهِ , وَ رَجُلٍ مَعْرُوْفٍ بِالْكَذِبِ فِيْ أَحاَدِيْثِ النَّاسِ وَإِنْ كَانَ لاَ يَكْذِبُ عَلَى الرَّسُوْل صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , وَ رَجُلٍ لَهُ فَضْلٌ وَ صَلاَحٌ لاَ يَعْرِفُ مَا يُحَدِّثُ بِهِ

“Ilmu tidak boleh diambil dari empat orang : Orang bodoh yang nyata kebodohannya, pengikut hawa nafsu yang mengajak kepada hawa nafsunya, orang yang dikenal kedustaannya di dalam pembicaraan-pembicaraannya dengan manusia, walaupun dia tidak berdusta atas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , dan seorang yang mulia dan shalih yang tidak mengetahui apa yang dia sampaikan ( Diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr di dalam Jami Bayanil Ilmi wa Fadhlihi hal. 348 ).

Dari kitab Al-Hikmah oleh Syaikh Ibrahim bin Amir Ar-Ruhaili

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s